Selamat datang kembali di Zhie Saiba Hanzai. Saya Zhie pada
kesempatan kali ini akan memberikan tutorial mengenai CARA MEMBUAT ANIMASI
RIGID BODY. Animasi Rigid Body merupakan sebuah animasi yang sering digunakan
untuk pembuatan Sprei, Kain, Maupun telapak meja
Yoshi..!. untuk lebih jelasnya langsung saja.
1. Buka 3D Max.
2. Anda gambarkan sebuah box di Viewport TOP dengan ukuran.
Length : 2500, Width: 4500, Height: 800, length Segs: 1, Width Segs: 1, Height
Segs : 1
3. Setelah itu anda gambarkan sebuah Plane di Viewport TOP,
dengan ukuran Length : 5000, Width : 8000, Length Segs : 30, Width Segs : 50
4. Kemudian anda Geser Planenya berada di Atas Box, seperti
berikut :
5. Setelah itu anda klik Plane yang kita buat tadi, kemudian
anda klik ANIMATION di Menubar, setelah itu anda pilih Reactor, kemudian anda
pilih Apply Modifer, setelah itu pilih Cloth Modifier.
6. Plane masih dalam keadaan terpilih, setelah itu anda klik
ANIMATION di Menubar, kemudian anda klik Reactor, setelah itu klik Create
Object, kemudian anda pilih Cloth Collection.
7. Nah sekarang, anda pilih Box yang kita buat tadi setelah
itu anda klik ANIMATION di menubar, kemudian anda klik Reactor, setelah itu
klik Create Object, kemudian anda pilih Rigid Body Collection.
8. Nah langkah-langkah pembuatan Animasinya sudah selesai
saatnya kita akan melihat animasinya. Caranya yaitu : anda klik Animation
kemudian anda klik Reactor, kemudian anda klik Preview Animation untuk preview dan Create Animation untuk menerapkan hasilnya.
9. Nah , pada saat anda klik Preview Animation, maka nanti
akan muncul jendela reactor Real Time (Open GL). Maka pada saat anda ingin
melihat animasi di jendela tersebut anda tekan saja dikeyboard huruf P (untuk
menjalankan animasi).
Yoshi..!. sekian tutorial dari saya.
Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Ganbarimasu Min’na
san,..!!
Hasil Render Saya,.. (^_^)