Mau Punya Web Keren ?

Google Website Translator Gadget

Minggu, 27 Juli 2008

Robot Honda Asimo

Robot Honda Asimo Layani Pasien RS Gading Pluit

Anton Suhartono - Okezone

JAKARTA - Hari ini boleh jadi saat yang berbahagia bagi Kevin dan Alexander. Pasalnya, kedua anak pasien rawat inap RS Gading Pluit, Kelapa Gading ini, mendapat pelayanan istimewa dari robot Honda Asimo.

"Apa kabar Kevin, apa kabar Alexander! Ini aku bawakan obat untuk kamu. Semoga lekas sembuh ya!" ungkap Asimo menirukan suara anak-anak secara lugas dalam bahasa Indonesia. Sapaan tersebut langsung dijawab dengan gembira oleh kedua pasien. "Baik, terima kasih Asimo," jawab Kevin dan Alexander.

Sebelum masuk ke ruang Alexander dan Kevin, Asimo juga sempat menyapa dan bersalaman dengan Direktur Rumah Sakit Gading Pluit, dr. Barlian Sutedja, S.Pb. Robot versi teranyar keluaran Honda Motor Company ini, juga tak lupa menegur Yukihiro Aoshima, Presiden Direktur Honda Prospect Motor (HPM) dan Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM dengan gaya layaknya anak gaul.

"Honda tak hanya memproduksi teknologi mobil, motor, dan pesawat jet. Asimo merupakan perwujudan bagaimana teknologi seharusnya memberikan manfaat bagi manusia. Perangkat yang digunakan pada Asimo, nantinya juga digunakan pada mobil, seperti sensor yang membaca kondisi jalan di depannya," kata Jonfis Fandy usai demo Asimo di RS Gading Pluit, Jakarta Utara, Kamis (3/7/2008).

Jonfis menambahkan, Asimo juga merupakan perwujudan dari mobility yang menjadi bagian penting dalam bisnis Honda. Asimo sendiri merupakan kependekan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot versi terbaru yang hanya dibuat sebanyak 6 unit ini, terus mengalami pengembangan dalam kemampuan. Saat ini, Asimo juga dapat berlari layaknya manusia dengan kecepatan 6 km/jam. Selain itu, Asimo juga dapat mampu menaiki tangga dan bermain bola. Honda sendiri sudah menyewakan Asimo di Jepang. "Di Jepang Asimo digunakan untuk melayani tamu-tamu," kata Jonfis.

Honda juga akan membawa Asimo ke perhelatan Indonesia International Motor Show 2008, 11 hingga 20 Juli mendatang di JCC. Robot yang baru-baru ini, menunjukkan kemampuannya memimpin konser orkestra di Detroit AS ini, akan menunjukkan kemampuannya di booth Honda tiga kali sehari selama pelaksanaan IIMS


Robot Honda Asimo akan Pimpin Orkestra

Anton Suhartono - Okezone

DETROIT - Tak hanya membantu meringankan pekerjaan manusia, robot Honda Asimo juga mampu memimpin musik orkestra. Petengahan Mei Asimo akan buktikan kemampuannya menjadi conductor di Detroit Amerika Serikat.

Seperti diberitakan Detroit News, Jum'at (25/4/2008), Asimo akan memimpin pembukaan konser orkestra Detroit Symphony Orchestra (DSO) bertajuk Impossible Dream 13 Mei mendatang. Asimo akan tampil bareng besama pemain celo Yo-Yo Ma.

Tidak hanya itu, sehari setelah konser, Asimo juga akan mendemonstrasikan kemampuannya di hadapan kelas khusus para master orkestra di DSO Youth Music Program di mana Yo-Yo Ma biasa memberikan pengajaran eksklusif kepada murid-murid paling berpotensi di sekolah tersebut. Ini merupakan langkah maju para ahli Honda dalam meningkatkan kemampuan Asimo.

Para ahli Honda mengembangkan Asimo (advanced step in innovative mobility) sejak 1986. Ketika itu, Asimo dirancang untuk membantu aktivitas orang lanjut usia. Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan, Asimo dirancang tidak hanya membantu pekerjaan rumah tangga, namun juga dikembangkan fungsinya untuk membantu para siswa dalam mempelajari matematika, pengetahuan alam, bahkan musik.

Honda memang dikenal sebagai produsen kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Namun dalam beberapa tahun belakangan, produsen kendaraan terbesar kedua di Jepang tersebut mengembangkan sayap bisnisnya di bidang transpotrasi udara dan robot. Pada 2010 Honda mulai mengirimkan ratusan pesawat jet untuk pasar Amerika.



Robot Asimo Baru Buatan Honda, Mampu Bergerak Seperti Manusia


















AFP


ROBOT HONDA: Robot buatan Honda Motor bernama Asimo sedang memamerkan kemampuannya bergerak seperti layaknya manusia di markas Honda Tokyo, Minggu (5/2).Pabrikan mobil dan motor Jepang, Honda Motor, memperkenalkan robot buatannya, Asimo, yang telah mengalami penyempurnaan, di Tokyo, Minggu.Robot Asimo baru ini diklaim Honda bisa bergerak seperti gerakan manusia dan bisa berlari dengan kecepatan 6 km per jam.Honda memperkenalkan Asimo baru itu di hadapan khalayak di halaman kantor pusatnya di Tokyo.Asimo baru ini memiliki tinggi 1,3 meter dan berat 54 kg.Rencananya Asimo akan melakukan debutnya sebagai pelayan di kantor dengan membantu membawakan minuman bagi para tamu. Namun belum dijelaskan mulai kapan Asimo itu akan ditugaskan di kantor.


















AIBO, robot anjing buatan Sony, akan muncul varian barunya di musim gugur ini. AIBO ESR-7, robot anjing tersebut memiliki warna kulit hitam dan dilengkapi dengan beberapa upgrade software. Demikian diberitakan Extremetech, Rabu (6/10).Robot seharga 1.899 dollar AS atau lebih mahal 100 dollar AS dibanding model tahun lalu ini dilengkapi software baru senilai 99 dollar AS. Beberapa software yang telah ditanamkan di robot anjing AIBO adalah Mind software yang meliputi kemampuan pengenalan suara, navigasi, dan otonomi. Selain itu, AIBO juga mampu mengenal gambar berkat adanya software Evolutions Robotics.Pada AIBO model baru, ada penambahan fitur untuk mendeteksi dan memanggil obyek. AIBO mampu mengingat obyek berikut lokasinya. Robot anjing lucu tersebut juga mampu mengenali tembok yang berada di depannya. Ketika berhadapan dengan tembok maka kepala robot akan menoleh ke kiri untuk mencari jalan terbuka.Software baru yang ditanamkan di chip-nya mampu membuat AIBO kelihatan seperti anjing nyata. AIBO bisa mengenali suara dan membalas ucapan dalam waktu satu detik. Sementara untuk berkomunikasi dengan peranti lain via nirkabel, tersedia AIBO Entertainment Player. Kontrol navigasi yang dimilikinya juga bisa diatur untuk memainkan file MP3 dan Windows Media. Software tersebut bisa mensinkronisaikan jadwal pertemuan di Microsoft Outlook sehingga si robot bisa mengingatkan janji penting pemiliknya.Pada software AIBO Mind 2 juga ditambahkan mode duduk atau memfungsikan robot sebagai Entertainment Player. AIBO bisa merekam video, suara, dan gambar lewat sensor kamera yang ada. Hasilnya bisa dikirm ke alamat e-mail.

Robot anjing AIBO dan humanoid QRIO buatan Sony berjalan beriringan dalam sebuah pameran di JepangSony Corp. secara resmi menghentikan pengembangan robot anjing buatannya AIBO dan robot humanoid QRIO. Langkah tersebut dilakukan perusahaan elektronik Jepang itu dalam rangka restrukturisasi dan mengurangi anggaran untuk unit pengembangan robotiknya.Berdasarkan laporan tersebut, pengembangan AIBO telah dihentikan sejak pertengahan 2005 dan produksinya sejak akhir 2005."Meskipun demikian, penjualan dan dukungan teknis akan terus dilanjutkan," tulis laporan tersebut.Sejak dirilis pada 1999, lebih dari 150 ribu unit AIBO telah terjual di seluruh dunia. Harga AIBO versi terakhir ditawarkan pada 1.700 dollar AS. AIBO dikenal sebagai robot berteknologi tinggi yang dapat melakukan aktivitas layaknya anjing piaraan.Dibekali dengan kecerdasan buatan - sesuai kepanjangan namanya artificial intelligence robot - ia dapat mengambil keputusan dalam berbagai situasi. Dalam bahasa Jepang, AIBO berarti teman atau sahabat.Kepala AIBO dilengkapi sensor sentuhan sehingga dapat melakukan komunikasi nonverbal dengan pemiliknya, sebuah mikrofon stereo untuk mendengar, sebuah kamera video berwarna untuk melihat, dan detektor jarak untuk menghindari rintangan. AIBO memiliki komponen pengenal suara sehingga dapat menjalankan lebih dari 50 perintah verbal.Sedangkan robot humanoid berukuran 60 centimeter QRIO pertama kali diperkenalkan pada 2000 dan diperbarui versinya pada 2003. Robot yang dikembangkan sebagai salah satu simbol kekuatan merek Sony ini adalah salah satu robot terbaik selain ASIMO yang dikembangkan Honda. Meskipun demikian, kedua robot belum dijual ke pasaran.Sony berencana menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang dipakai dalam pengembangan robot-robot tersebut untuk diimplementasikan dalam produk elektronik buatannya. Direktur Sony Nobuyuki Idei menyebut komputer, televisi, dan mesin permainan sebagai produk utama yang akan difokuskan ke depan.Pada September 2005, Howard Stringer, Direktur Sony sebelumnya mengumumkan langkah restrukturisasi termasuk merumahkan 10 ribu karyawan hingga Maret 2008. Sony menyatakan masih memenuhi jadwal tersebut dan siap merumahkan sekitar 4.500 karyawan serta menutup tujuh pabriknya hingga akhir Maret 2006 dan berencana menjual atau menutup 11 pabrik berikutnya hingga Maret 2008.

ASIMO makin pintar

14 Desember 2007

ASIMO berjalan di tanggaSudah kenal ASIMO? ASIMO adalah robot humanoid buatan perusahaan Honda Motor Company. Ia “lahir” pada tahun 2000. Sebagai robot humanoid, ASIMO dirancang agar mirip manusia (human). Kali pertama dipamerkan, ASIMO mengundang decak kagum banyak orang. Robot ini bisa berjalan melangkah menggunakan dua kakinya seperti kita. Meniti tangga pun tak kesulitan.

Sekarang kepintaran robot berkepala bundar ini bertambah. Dua robot ASIMO bisa saling berkomunikasi dan bekerja sama. Misalnya menyajikan minuman.

Dua robot ASIMO bekerja sama

Saat ada tamu, ASIMO segera beraksi. Kereta makanan pun lantas didorongnya. Selanjutnya, ASIMO mengambil nampan minuman dari kereta makanan itu. Dengan hati-hati, ASIMO berjalan ke meja tamu dan menghidangkan minuman yang dibawanya.

ASIMO bekerja sama

Ketika satu ASIMO “lelah” karena baterenya hampir habis, ia akan “istirahat”. Di saat inilah, ia mengisi-ulang sendiri batere yang digendong di punggungnya. Sementara temannya istirahat, ASIMO lain segera menggantikannya. Pintar!

ASIMO mengisi ulang batere

Oleh pembuatnya, ASIMO juga diajarkan sopan santun khas Jepang. Sejak awal, ASIMO memang dididik untuk ramah. Dan sekarang, tatkala robot bertinggi badan 130 sentimeter ini berpapasan orang di tempat sempit, ia akan menepi memberi jalan…

ASIMO sang robot yang sopan nan santun

Wah.., ternyata robot pun mengenal sopan santun ya (^_^)

artikel teknologi

  • Foto-foto dari Honda Worldwide dan TechnoFusion





BIAN HARNANSA /Minggu/13 July 2008/20:48 WIB

PHOTOGRAPHER:BIAN HARNANSA CREDIT:Persda
BYLINE TITLE:STF SOURCE:PERSDA
CAPTION WRITER:Fikria Hidayat (FIA) CITY:Jakarta Selatan
CATEGORY:SCI PROVINCE:Jakarta
SUPP CATEGORY:Pameran COUNTRY:Indonesia
DATE CREATED:13 July 2008 COPYRIGHT:PERSDA NETWORK
SPECIAL INSTRUCTIONS:

Robot Asimo Honda

Robot ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) produksi pabrik Honda berinteraksi dengan pengunjung stan Honda pada ajang Indonesia International Motor Show 2008 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (13/7). Persda/Bian Harnansa (BIAN) 13-07-2008

0 komentar: